5.9.06

Wortel...!

Pasti tidak ada yang tidak tau dengan sayur jenis umbi berwarna jingga di samping ini. Para orang tua pun selalu menasihati anak-anaknya selagi kecil untuk banyak-banyak memakan sayur ini karena mengandung carotene yang merupakan dimer dari retinol atau vitamin A, yang dapat menyehatkan mata.

Tapi taukah teman-teman, kalau nama 'wortel' yang melekat pada sayur ini, sebenarnya datang dari bahasa mantan penjajah kita: Belanda. Karena selama ini kupikir wortel adalah bahasa asli Indonesia atau melayu. Nah, setibanya saya di semenanjung melayu ini, ternyata orang-orang melayu tidak menyebutnya wortel, melainkan 'lobak' atau 'lobak merah' (padahal jingga).

Bahkan di Belanda sendiri ada sebuah jaringan kafe terkenal bernama Willie Wortel, sebuah kafe yang menyediakan cannabis, hashish, dan jenis-jenis 'soft drugs' lainnya.... (lah, kok kaga nyambung??)

Willie Wortel juga adalah nama Belanda untuk Lang Ling Lung alias Gyro Gearloose, sebuah karakter penemu brilian yang baik hati di komik Donal Bebek (ini jg kynya ga nyambung, emang Lang Ling Lung suka makan wortel ya...?).

No comments: