21.12.04

rubber time :D

Guys, masih inget ngga pelajaran bahasa Indonesia yang udah kita tekunin dari SD sampe kuliah? Bahasa kita ini tidak mengenal pola waktu seperti halnya bahasa Inggris. Kalimat: 'saya makan' dalam bahasa Indonesia dapat menunjukkan waktu kapan saja. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kalimat: i eat; i ate; i have eaten, menunjukkan dimensi waktu yang berbeda-beda.

Bahasa menunjukkan budaya. Menurut seorang pakar linguistik, tidaklah mengherankan kalau bangsa melayu, khususnya Indonesia, memiliki budaya 'ngaret'.

2 comments:

Akhsayanty said...

wah, ada yang kurang dil, keterangan waktu bahasa indonesia tuh tidak sesederhana itu. karena kita biasa bilang : saya SUDAH makan, saya SUDAH makan kemarin... saya AKAN makan, dll. jadi, ada hikmahnya juga lah..
1. Indonesia kaya akan kata-kata bantu waktu (jadi seneng asa-basi?)
2. orang indonesia akan menguvcapkan lebih banyak kata kata untuk maksud yang sama drpd bs inggris misalnya.

jadi orang indonesia tuh watak aslinya emang KEKELUARGAAN alias seneng aja ngomong banyak sama orang. hehe...

'maaf, gak penting banget yuak!'

Mohamad Fahdillah Rhani said...

saya AKAN makan = i WILL eat
saya SUDAH makan KEMARIN = i have JUST eaten YESTERDAY

jadi...?