16.1.05

lagi-lagi...

lagi-lagi... vespaku mogok! salahku juga si, coz aku kalo kemana-mana pake vespa kaga pernah bawa equipments kaya kunci busi, dan kunci-kunci lainnya. padahal penyebab vespa mogok tuh sepele aja, kalo ngga banjir, atau businya yang jebol. akhirnya jadi repot sendiri... dan ngerepotin orang lain juga.

jadi mikir, sebenernya keteledoranku ngga bawa peralatan tuh emang manifestasi dari ketidakterampilanku dalam berbagai pekerjaan tangan. yup, dari kecil aku emang paling ngga bisa cekatan dalam bidang ini. waktu masih sd kan ada pelajaran prakarya tuh... suatu hari ada tugas menyulam. simpel aja si, cuma masuk-masukin benang warna-warni ke dalam kain berpori (entah apa namanya) yang udah ada pola sulamannya, jadi tinggal ikutin polanya aja. waktu itu aku ngerasa mumet banget buat ngerjain tugas itu. saking desperatenya, aku merengek-rengek ke nyokap minta dibikinin. o ow, blom tau aja, aku sebenernya nurunin dari nyokap untuk masalah ketidakterampilan ini, hehehe... akhirnya karena ngga tega, nyokap minta bantuan tetangga sebelah (dulu aku masih tinggal di rawamangun, jaktim), bu ali (almarhumah) yang kebetulan emang buka usaha jahitan. voila! dalam sehari tugasku itu udah beresss di tangan bu ali. dan besoknya aku bisa pamer ke temen-temenku di sekolah... mereka terbengong-bengong, huehehehe!

pas smu kelas 1, aku jumpa lagi dengan tugas prakarya. tugasnya: buat tempat arsip dari kardus. jelas dong, aku yang smu udah lebih mandiri daripada aku waktu sd. no more whining! walaupun tetep aja ngga terampil, hehe. aku berusaha bikin tugas itu, dan selesai... tapi hasilnya itu lho, aduhmak... blang bentong ngga keruan! pas bokapku ngeliat masterpieceku itu, beliau geleng-geleng kepala. nah, kalau bokapku ini beda sama nyokap. beliau itu menurutku, nomor satu dalam urusan pekerjaan tangan. mulai dari cuci, nyetrika, tali-temali, sampe urusan listrik dan mesin (walau dasar-dasarnya aja). cekatan banget deh! akhirnya karena (lagi-lagi) ngga tega menyadari kemungkinan anaknya diketawain di sekolah, bokap berbaik hati remake tugas prakaryaku itu. voila! dalam semalam, jadilah sebuah tempat arsip yang tentu aja jauh lebih bagus dan lebih rapi daripada masterpieceku. dan lagi-lagi keesokan harinya aku bisa pamer ke temen-temenku. sama kaya waktu sd, mereka juga terbengong-bengong. huehehehe!

mengenai kenyataan ini, nyokap suka berseloroh, "no, ntar kalo cari istri jangan kaya bundo. cari yang terampil kaya ayah!" bokap pun dengan setengah ngeledek setengah becanda sering berujar, "dasar, anak beranak sama aja!

tapi ya mau gimana lagi... emang ngga mengherankan kalo aku ngga terampil. semenjak kecil, hampir semua urusan rumah tangga udah ditangani dengan baik berkat jasa khadimah karena bokap-nyokap harus kerja dari pagi sampe sore, kadang sampe malam. tapi, emang Allah sungguh Maha Bijaksana. akhirnya aku ditakdirkan untuk kuliah jauh dari ortu, mungkin salah satu alasannya adalah agar aku bisa berusaha untuk mengerjakan sesuatunya sendiri. walau pakaian masih dicuciin, i've made lots of improvements y'know?underwear, aku cuci sendiri. aku juga dah lumayan lancar nyetrika. masak nasi? gampang, kalo pake rice cooker, hehe. malah kalo aku lagi di rumah, aku juga suka masak sendiri, sekalian coba-coba inovasi baru, siapa tau bisa ikutan allez cuisine di indosiar ;) yup, begitulah aku (kaya promosi diri ya??).

anyway, kembali ke masalah vespaku yang mogok semalam.. aku bener-bener berterimakasih sama temen-temen kostku yang dah rela nyamperin aku di tkp. pertolonganNya ngga sampe situ aja lho.. di tengah kesulitan ngedorong vespa dari spbu dago yang niatnya sampe cisitu baru (bayangin nanjaknya!), seorang yang juga mengendarai vespa menghampiri kami. ia pun menawarkan untuk menderek vespaku oleh vespanya dengan tali tambang. akhirnya vespaku didereknya sampai tempat kostku. kebetulan ia juga mengontrak rumah dekat tempat kostku. Ya Allah, di dunia ini memang masih sangat banyak orang-orang berhati mulia...


special thanks to fajar, hijrah, & the vespa guy, riki... may God bless y'all!!!



1 comment:

za said...

Kalau aku sekarang punya prinsip baru Dil. Berhenti Membuat Alasan. Selama ini kita sering membuat alasan-alasan apabila berbuat kesalahan. Kemudian dari alasan-alasan lahirlah pembenaran atas kesalahan. Sehingga kita ga pernah maju-maju.

Seperti ketika aku kehilangan sepatuku. Dan ibuku sms "Hanya keledai yang jatuh pada lubang untuk yang kedua kalinya". Aku pun membalas dan sadar kesalahan ada di pundakku. Aku merasa tidak perlu menjelaskan bagaimana proses hilangnya sepatu itu.

Go fight for your self.