25.1.05

nyok kite nonton ondel-ondel...!

Ondel-ondel yang berupa boneka besar itu tingginya sekitar ± 2,5 m dengan garis tengah ± 80 cm, dibuat dari anyarnan barnbu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalarnnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki di cat dengan warna merah, sedang yang perempuan dicat dengan warna putih Bentuk pertunjukan ini banyak persamaannya dengan yang terdapat di beberapa daerah lain. Di Pasundan dikenal dengan sebutan Badawang, di Jawa Tengah disebut Barongan Buncis, di Bali barong landung. Menurut perkiraan jenis pertunjukan itu sudah ada sejak sebelum tersebarnya agama Islam di Pulau Jawa. Semula ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan. Dewasa ini ondel-ondel biasanya digunakan untuk to menambah semarak pesta- pesta rakyat atau untuk penyambutan tamu terhormat, misainya pada peresmian gedung yang baru selesai dibangun. Betapapun derasnya arus modernisasi, ondel-ondel ternyata masih tetap bertahan dan menjadi penghias wajah kota metropolitan Jakarta.
(Dinas Kebudayaan & Permuseuman DKI Jakarta)




Bagi yang pernah mengalami masa kecilnya di perkampungan jakarta, pasti sering lihat ondel-ondel diarak keliling kampung. biasanya pada siang menjelang sore hari, pada waktu anak-anak pulang sekolah. wajar aja, karena sebagian besar yang nonton adalah anak-anak ditemani ibu-ibu mereka. waktu saya masih kecil, saya suka ketakutan sendiri ngeliat ondel-ondel. tampangnya yang 'serem' dengan badan yang tinggi besar mengesankan saya seperti seekor 'monster'... they really freaked me out! hehehe, emang saya rada penakut waktu masih kecil... bahkan kalo jalan-jalan ke mall atau ke dufan, saya suka menghindari badut-badut yang menghibur orang-orang yang lewat... dan berlindung di balik punggung ayah atau bundo saya. hihi, konyol ya?!

kini saya tak pernah lagi menjumpai arak-arakan ondel-ondel di jakarta ketika berkunjung ke rumah paman saya yang terletak di tengah-tengah komunitas betawi. mungkin anak-anak masa kini sudah tak tertarik lagi menyimak bentuk-bentuk kesenian seperti itu. mereka kini lebih suka menghabiskan waktu mereka selepas sekolah di tempat rental PS, game jaringan, atau mejeng di mall-mall yang kian menjamur.

mungkin juga para pemain ondel-ondel sudah termarjinalisasi ke lokasi-lokasi pinggiran jakarta, seperti halnya masyarakat betawi yang kian tersisih dari tanahnya sendiri. sungguh sangat disayangkan...

nyok kite nonton ondel-ondel (nyok!)
nyok kite ngarak ondel-ondel (nyok!)
ondel-ondel ade anaknye (boi!)
anaknye ngigel ter-kiteran (oi!)

mak, bapak, ondel-ondel ngibing (serr!)
ngarak penganten disunatin (serr!)
goyangnye asyik dut-ndutan (dut!)
eh nyang ngibing igel-igelan (gel!)

plak dumblang duplak plak plak
gendang nyaring ditepak
nyang ngiringin nandak
pade surak surak
tangan iseng jailin
kepale anak ondel-ondel
taroin puntungan
rambut kebakaran

anak ondel-ondel jejingkrakan (krak!)
kepalenye nyale bekobaran (brul!)
nyang ngarak pade kebingungan (ngung!)
disiramin aer comberan (byur!)

hore!
palenye botak!
hore!
palenye licin!
hore!
idih malu!

(
Ondel-ondel - Benyamin S)

2 comments:

Akhsayanty said...

tau kagak, adek gue yang paling bontot, namanya, azik, dulu pernah badannya panas berhari hari karena TAKUT SAMA ONDEL ONDEL!!!!!!
ceritanya suatu siang dia di luar rumah dan dia ngeliat tukang ngamen yang pake kostum ondel ondel...
jadi, boleh gak kalo ONDEL ONDEL DITIADAKAN KARENA PENGARUHNYA NEGATIF TERHAAP PSIKOLOGI BALITA!!!!
HE HE HE

Z said...

Jujur aja, sampai sekarang aku slalu gemetar kalo lihat ondel-ondel, badut, atau yang sejenisnya. Kayanya ada suatu sisi gelap yang menakutkan di balik senyum palsu mereka (maaf, ini pendapat subyektif).